AKUNTANSI SUMBER DANA

Posted: Maret 12, 2010 in akuntansi perbankan

Akuntansi Sumber Dana

Akuntansi Sumber Dana (Kredit) adalah penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam-meminjam antara bank dan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melunasi hutangnya setelah jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga (UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, Pasal 1 angka 11)

Dalam penanaman dana pada bank biasanya di sebut kredit Secara umum, kredit yang diberikan dapat dibukukan dalam 4 kategori aset keuangan, yaitu :

1.Diukur pada Nilai Wajar melalui Laporan Laba Rugi

  • Kredit yang diberikan atau dibeli untuk dijual kembali dalam waktu dekat, dan atau untuk memperoleh keuntungan jangka pendek.  Misalnya, kredit yang diberikan dengan maksud dijual kembali secara langsung atau melalui skema sekuritisasi .
  • Kredit yang pada saat diberikan/dibeli ditetapkan untuk diukur pada nilai wajar melalui laporan laba rugi (fair value option) meskipun tidak dimaksudkan untuk diperjualbelikan. Untuk dapat diukur pada nilai wajar tersebut, bank harus memenuhi persyaratan dalam PSAK 55 dan ketentuan yang berlaku lainnya mengenai penggunaan fair value option.

2.Dimiliki Hingga Jatuh Tempo

  • Kredit yang memiliki pembayaran tetap atau telah ditentukan dan jatuh temponya telah ditetapkan;
  • Bank memiliki intensi positif dan kemampuan untuk memiliki hingga jatuh tempo.

3.Tersedia untuk Dijual

  • Kredit yang pada saat pengakuan awal ditetapkan dalam kategori Tersedia untuk Dijual
  • Kredit yang diberikan dimana bank mungkin tidak akan memperoleh kembali pokok kredit secara substansial, yang bukan disebabkan penurunan kualitas kredit.

4.Pinjaman yang Diberikan dan Piutang

Kredit yang memiliki pembayaran tetap atau telah ditentukan dan tidak mempunyai kuotasi di pasar aktif.

Akuntansi Sumber dana tediri dari :

1.Giro adalah Simpanan dari pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, surat perintah pembayaran lainnya atau dengan pemindahbukuan.

2. TABUNGAN adalah Simpanan masyarakat yang penarikannya dapat dilakukan oleh si penabung sewaktu-waktu dikehendaki.

2.1. TABUNGAN KARTU SMART adalah Tabungan yang mempunyai kartu dimana pada kartu tabungan tersebut diberikan suatu processor (chips) untuk menyimpan data transaksi nasabah.

3.  DEPOSITO adalah Simpanan masyarakat yang penarikannya dapat dilakukan setelah jangka waktu yang telah disetujui berakhir.

4.  TRAVELLER’S CHEQUES adalah Warkat berharga atas nama yang diterbitkan oleh suatu bank yang pencairannya dapat dilakukan kapan saja, dimana saja, dan hanya oleh orang yang memiliki dan namanya tercantum diatas TC tersebut. TC merupakan sumber dana yang paling murah atau tidak berbunga.

5. REKENING TITIPAN – PAYMENT POINT adalah Pembayaran dari masyarakat yang ditujukan untuk keuntungan pihak tertentu seperti, rekening listrik PLN, rekening telepon dari Telkom, uang sekolah suatu Universitas, pajak televisi dsb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s