akuntansi jasa bank

Posted: April 15, 2010 in akuntansi perbankan

MONIKA RIANA

40208824

2DA03 ( UNIVERSITAS GUNADARMA)

1 . Save Deposit Box (SDB)

Save Deposit Box adalah Fasilitas jasa bagi nasabah untuk menyimpan barang-barang berharga dan dokumen pribadi yang rahasia dengan system pengamanan berteknologi modern.

Manfaat Save Deposit Box (SDB)

  • Memberikan keamanan dan kenyamanan.
  • Menyimpan semua barang-barang berharga anda.

Fasilitas Save Deposit Box (SDB)

  • Dilengkapi dengan teknologi modern.
  • Tersedia dalam beberapa ukuran.
  • Pembayaran sewa save deposit box langsung 3 tahun.
  • Diberikan bebas sewa 1 tahun tanpa biaya.

Persyaratan dan Ketentuan Save Deposit Box (SDB)

  • Peruntukan bagi perorangan atau badan usaha.
  • Memiliki Rekening di Bank tersebut.
  • Mengisi Aplikasi.
  • Tanda Pengenal ( KTP / SIM / PASPOR ).
  • Khusus badab Hukum ( SIUP, NPWP , Akta pendirian , Ijin Usaha ,dll)

2. Surat Kredit berdokumen Dalam Negeri

Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri biasa di sebut Letter Of Credit merupan salah satu jasa yang ditawarkan bank dalam rangka pembelian barang, berupa penangguhan pembayaran pembelian oleh pembeli sejak Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen) dibuka sampai dengan jangka waktu tertentu sesuai perjanjian. Berdasarkan pengertian tersebut, tipe perjanjian yang dapat difasilitasi Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen)  terbatas hanya pada perjanjian jual – beli, sedangkan fasilitas yang diberikan adalah berupa penangguhan pembayaran.  Isi dari perjanjian Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen)  mencakup banyak hal seperti jangka waktu, pembatalan, cara pembayaran dan lain – lain.

Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen)  dapat dibedakan menjadi beberapa jenis :

Ruang Lingkup Transaksi

  • Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen) Impor adalah Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen) yang digunakan untuk mengadakan transaksi jual beli barang/jasa melewati batas – batas Negara.
  • Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen) Dalam Negeri atau Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN) adalah Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen) yang digunakan untuk mengadakan transaksi di dalam wilayah suatu Negara.

Saat Penyelesaian

  • Sight Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen) :  adalah LC Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen) yang penangguhan pembayarannya sampai dengan dokumen tiba.
  • Usance Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen) :   adalah Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen) yang penangguhan pembayarannya sampai wesel yang diterbitkan jatuh tempo (tidak lebih lama dari 180 hari).

Manfaat yang dapat diharapkan oleh bank dengan memberikan fasilitas Letter Of Credit (Surat Kredit berdokumen) kepada nasabahnya antara lain adalah:

  • Penerimaan biaya administrasi berupa provisi/komisi yang merupakan fee based income bagi bank.
  • Pengendapan dana setoran yang merupakan dana murah bagi bank.
  • Pemberian pelayanan kepada nasabahnya sehingga nasabah menjadi lebih loyal kepada bank.

3. Inkaso Dalam Negeri

Inkaso merupakan kegiatan jasa Bank untuk melakukan amanat dari pihak ke tiga berupa penagihan sejumlah uang kepada seseorang atau badan tertentu di kota lain yang telah ditunjuk oleh si pemberi amanat.

JENIS INKASO

  • Inkaso Keluar

Merupakan kegiatan untuk menagih suatu warkat yang telah diterbitkan oleh nasabah bank lain. Di sini bank menerima amanat dari nasabahnya sendiri untuk menagih warkat tersebut kepada seseorang nasabah bank lain di kota lain.

  • Inkaso masuk

Merupakan kegiatan yang masuk atas warkat yang telah diterbitkan oleh nasabah sendiri. Dalam kegiatan inkaso masuk, bank hanya memeriksa kecukupan  dari nasabahnya yang telah menerbitkan warkat kepada pihak ke tiga.

4. Transfer Dalam Negeri

Transfer adalah suatu kegiatan jasa bank untuk memindahkan sejumlah dana tertentu sesuai dengan perintah si pemberi amanat yang ditujukan untuk keuntungan seseorang yang ditunjuk sebagai penerima transfer. Baik transfer uang keluar atau masuk akan mengakibatkan adanya hubungan antar cabang yang bersifat timbal balik, artinya bila satu cabang mendebet  cabang lain mengkredit.

Jenis-jenis Transfer :

  • Transfer Keluar

Salah satu jenis pengiriman uang yang dapat menyederhanakan lalu lintas pembayaran adalah dengan pengiriman uang keluar. Media untuk melakukan transfer ini adalah secara tertulis ataupun melalui kawat.

Jika terjadi pembatalan

Pembayaran pembatalan ini baru dapat dilakukan oleh bank pemberi amanat kepada nasabah pemberi amanat hanya apabila telah diterima berita konfirmasi dari bank pembayar bahwa memang transfer dimaksud belum dibayarkan.

  • Transfer Masuk

Transfer masuk, dimana bank menerima amanat dari salah satu cabang untuk membayar sejumlah uang kepada seseorang beneficiary. Dalam hal ini bank pembayar akan membukukan hasil transfer kepada rekening nasabah beneficiary bila ia memiliki rekening di bank pembayar.

Jika terjadi Pembatalan

Pertama – tama yang harus dilakukan adalah memeriksa apakah hasil transfer telah dibayarkan kepada beneficiary. Bila ternyata belum, akan diblokir dan dibatalkan untuk kemudian dikembalikan kepada cabang pemberi amanat melalui pemindah bukuan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s