AKUNTANSI KLIRING , AKUNTANSI KOMITMEN DAN AKUNTANSI KONTIJENGSI , AKUNTANSI PENDAPATAN DAN AKUNTANSI BIAYA

Posted: Mei 18, 2010 in akuntansi perbankan

MONIKA RIANA    (2DA03_UNIVERSITAS GUNADARMA)

AKUNTANSI PERBANKAN

AKUNTANSI KLIRING

Akuntansi Kliring  adalah  suatu  tata  cara  perhitungan  utang  piutang  dalam  bentuk  surat-surat  dagang  dan  surat-surat  berharga  dari  suatu  bank  terhadap  bank  lainnya,  dengan  maksud  agar  penyelesaiannya  dapat  terselenggara  dengan  mudah dan  aman,  serta  untuk  memperluas  dan  memperlancar  lalu  lintas  pembayaran  giral.

AKUNTANSI KOMITMEN DAN AKUNTANSI KONTIJENGSI

AKUNTANSI KOMITMEN

Akuntansi komitmen adalah suatu perikatan atau kontrak berupa janji yang tidak dapat dibatalkan secara sepihak dan harus dilaksanakan apabila persayaratan yang disepakati bersama dipenuhi

Jenis komitmen           :

  1. Komitmen tagihan , yaitu komitmen yang akan diterima oleh suatu bank dari pihak lainnya .
  2. Komitmen Kewajiban , yaitu komitmen yang diberikan oleh suatu bank kepada nasabah atau pihak lain .

AKUNTANSI KONTIJENGSI

Akuntansi Kontinjengsi atau lebih dikenal dengan peristiwa atau transaksi yang mengandung syarat merupakan transaksi yang paling banyak ditemukan dalam kegiatan bank sehari- hari . Kontijengsi yang dimiliki oleh suatu bank dapat berakibat tagihan atau kewajiban bagi bank yang bersangkutan.

Akuntansi Kontijengsi adalah suatu keadaan yang masih diliputi oleh ketidakpastian mengenai kemungkinan diperolehnya laba atau rugi oleh suatu perusahaan yang baru akan terselesaikan dengan terjadi atau tidak terjadinya satu atau lebih peristiwa dimasa yang akan datang . Transaksi yang bersifat kontijengsi (bersyarat) ini belum mengikat bank untuk melakukan tagihan ataupun kewajiban rill saat ini ,akan tetapi secara antisipasif kontijengsi tersebut akan menjadi kewajiban atau tidak sangat tergantung terjadi atau tidak terjadinya peristiwa yang berkaitan dengan kontinjensi ini di masa yang akan datang .

AKUNTANSI PENDAPATAN DAN AKUNTANSI BIAYA

AKUNTANSI PENDAPATAN

Akuntansi Pendapatan adalah kegiatan yang berupa jasa / dagang yang berfungsi menyediakan informasi keuangan suatu badan usaha tertentu . Informasi ini disajikan dalam laporan keuangan yang terdiri dari neraca,laporan laba/rugi ,laporan laba ditahan , laporan perubahan posisi keuangan serta catatan atas laporan keuangan .

AKUNTANSI BIAYA

Biaya yang dikeluarkan oleh bank untuk menjalankan suatu rencana / plan untuk jangka panjang dan jangka pendek  atau dalam operasional perusahaan yang dikeluarkan serta hasil usaha yang diperoleh dalam suatu periode yang terkahir pada tanggal yang tertera di neraca . Laporan tentang biaya ini terdapat pada laporan perubahan posisi keuangan , laporan posisi keuangan ini menyajikan kegiatan pembiayaan dan investasi perusahaan .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s