SIM Tugas 2 (sistem)

Posted: November 4, 2010 in sistem informasi manajamen

SIM ( Sistem Informasi Manajemen )

Nama                  :        Monika Riana

NPM                   :        40208824

Kelas                   :        3DA03

1. Jelaskan mengapa universitas merupakan suatu sistem ?

Jelaskan pula, mengapa universitas merupakan suatu supersistem dan subsistem ?

SISTEM

Universitas merupakan sistem karena sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsure atau variable yang terorganisasi, saling berinteraksi saling tergantung satu sama lain, unsur-unsur yang mewakili suatu sistem. Secara umum adalah masukan (input) yang berupa calon mahasiswa dan dosen, pengelolaan (processing) yang berupa pembelajaran, dan keluaran (output) yang berupa diploma dan sarjana. Karena itulah sistem organisasi universitas mengutamakan pekerjaan-pekerjaan di dalam tim. Selain itu cara pandang sistem memasyarakatkan suatu pelaksanaan pekerjaan secara integrative baik menyangkut manusia, perkakas, metode maupun sumber daya yang dimanfaatkan.

Sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Suatu organisasi seperti universitas atau suatu bidang fungsional cocok dengan definisi ini.Universitas terdiri dari sejumlah sumber daya dan sumber daya tersebut bekerja menuju tercapainya suatu tujuan tertentu yang ditentukan oleh pemilik atau manajemen.

SUPERSISTEM

Supersistem jarang digunakan, jika suatu sistem adalah bagian dari sistem yang lebih besar, sistem yang lebuh besar itu adalah supersitem.

Contohnya, Sekolah adalah suatu sistem, tetapi ia juga merupakan bagian dari sistem yang lebih besar dari Universitas. Universitas adalah supersistem dari sekolah.

Contoh lainnya, pemerintah kota adalah suatu sistem, tetapi ia juga merupakan bagian dari sistem yang lebih besar pemerintahan propinsi. Pemerintahan propinsi adalah supersitem dari pemerintahan kota dan juga merupakan subsistem dari pemerintahan nasional.

SUBSITEM

Sebenarnya di dalam suatu sistem. Ini berarti sistem berada pada lebih dari satu tingkat. Universitas adalah suatu sistem yang terdiri sistem-sistem bawahan, seperti sistem pembelajaran, sistem administrasi, dan lain-lain. Masing sistem ini terdiri dari sistem tingkat yang lebih rendah lagi. Misalnya sistem pembelajaran, sistem pembelajaran kombinasi dari sistem yang diterapkan dosen dan sistem informasi pembelajaran dari universitas. Sistem-sistem ini dapat dibagi lagi menjadi sistem tingkat yang lebih rendah atau bagian-bagian elemen, Bagian dari suatu sistem karenanya dapat berupa sistem tingkat yang lebih rendah atau bagian-bagian elemen.

2.    Setiap hari, suatu perusahaan telepon metropolitan yang besar mencetak ribuan tagihan. Apakah tagihan ini data atau informasi, jelaskan !

Untuk mengetahui ribuan tagihan yang dicetak dari perusahaan telepon, kita harus mengerti tentang informasi dan data .

Informasi adalah satu dari 5 jenis utama sumber daya yang dapat dipakai oleh manajer. Semua sumber daya, termasuk informasi dapat dikelola. Pengelolaan onformasi semakin penting saat bisnis menjadi lebih rumit dan kemampuan komputer berkembang.

Data adalah keterangan dan nyata; keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan dasar kajian (analisis/kesimpulan).

Jadi, tagihan yang dicetak oleh perusahaan untuk masyarakat berupa INFORMASI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s